Saran Dokter Gizi tentang Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Saran Dokter Gizi tentang Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas/ Foto: Dok. ThinkstockSaran Dokter Gizi tentang Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas/ Foto: Dok. Thinkstock
BungaShio - Masih ada daging kurban nih, baik daging kambing maupun sapi yang belum dimasak. Bagaimana cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tetap oke dan tahan lama?

dr Paulina Toding, M.Gizi, SpGK bilang nggak apa-apa menyimpan daging kurban dalam kondisi mentah di kulkas alias nggak perlu dimasak dulu. Tapi usahakan menyimpan daging kurban tersebut dalam kemasan tertutup ya.

Kemasan tertutup yang dimaksud dr Paulina bukan kantung plastik ya, Bun, tapi bisa menggunakan kotak yang tertutup rapat. Tujuannya adalah untuk mencegah daging kurban terkontaminasi kotoran dari bahan makanan lain.



"Lalu dibagi dalam porsi-porsi yang akan dimasak. Jadi tidak berulang kali dicairkan lalu dibekukan lagi," imbuh dr Paulina saat berbincang dengan HaiBunda.

Kalau berulang kali dicairkan dan dibekukan, bisa memudahkan bakteri berkembang biak. Selain itu pintu freezer juga jangan sering dibuka ya, Bun, agar suhunya tetap stabil.

"Pada suhu -17 derajat Celcius, (daging) bisa bertahan sampai 4 bulan," lanjut dokter yang berpraktik di RS Royal Progress dan Klinik Lyraas Jakarta Selatan ini.

(vit/vit)
Saran Dokter Gizi tentang Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Saran Dokter Gizi tentang Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Reviewed by zona jp on Agustus 22, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh follow777. Diberdayakan oleh Blogger.