Tujuh Mitologi Dunia


Mitologi
Mitologi adalah ilmu tentang sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Mitologi sangat banyak sekali di seluruh dunia, dimulai Eropa, Asia, Amerika, Afrika maupun Australia. Sedangkan berdasarkan rentang waktunya dimulai dari zaman perunggu hingga zaman prasejarah akhir. Mitologi-mitologi ini pun banyak diangkat menjadi film, buku, novel, maupun game atau permainan.
  1. Mitologi Yunani
Mitologi Yunani adalah sekumpulan mitos dan legenda yang berasal dari Yunani Kuno dan berisi kisah-kisah mengenai dewa dan pahlawan, sifat dunia, dan asal usul serta makna dari praktik ritual dan kultus orang Yunani Kuno. Mitologi Yunani merupakan bagian dari agama di Yunani Kuno.  Kebanyakan dewa Yunani digambarkan seperti manusia, dilahirkan namun tak akan tua, kebal terhadap apapun, bisa tak terlihat, dan tiap dewa mempunyai karakteristik tersendiri. Karena itu, para dewa juga memiliki nama-nama gelar untuk tiap karakternya, yang mungkin lebih dari satu. Dewa-dewi ini kadang-kadang membantu manusia, dan bahkan menjalin hubungan cinta dengan manusia yang menghasilkan anak, yang merupakan setengah manusia setengah dewa. Anak-anak itulah yang kemudian dikenal sebagai pahlawan.

Yunani

Zeus (Dewa Langit) dan Poseidon (Dewa Laut) dalam Mitologi Yunani

  1. Mitologi Romawi
Mitologi Romawi adalah kumpulan legenda Romawi tentang dewa-dewi Romawi yang berawal dan tersebar melalui tradisi lisan. Mitologi ini memiliki persamaan dengan mitologi Yunani, terutama mengenai mitologi tentang para dewa. Kebanyakan dewa Romawi digambarkan seperti manusia, dilahirkan namun tak akan tua, kebal terhadap apapun, bisa tak terlihat, dan tiap dewa mempunyai karakteristik tersendiri. Karena itu, para dewa juga memiliki nama-nama gelar untuk tiap karakternya yang mungkin lebih dari satu.

Diana Romawi

Diana, Dewi Perburuan dalam Mitologi Romawi

  1. Mitologi Nordik
Mitologi Nordik merupakan kepercayaan masyarakat Eropa Utara (negara Denmark, Norwegia, Islandia, dan Swedia) zaman dahulu. Kepercayaan dan legenda ini menyebar ke negara-negara Eropa Utara lain, termasuk Islandia yang memiliki sumber-sumber mitologi tersebut. Mitologi tersebut merupakan kumpulan dari kepercayaan kuno orang-orang Eropa Utara yang berisi kisah-kisah tentang makhluk supernatural, kosmologi, dan mitos-mitos lainnya yang ditulis berbentuk puisi atau prosa.

Nordik.jpg

Thor, Dewa Petir dalam Mitologi Nordik

  1. Mitologi Mesir
Menurut catatan sejarah, bangsa Mesir Kuno menyembah banyak Dewa (polytheisme) dan belum menemukan paham Ketuhanan Yang Maha Esa (ada yang menyamakan dengan paganisme). Menurut kepercayaan Mesir Kuno, para Dewa merupakan makhluk-makhluk yang lebih berkuasa daripada umat manusia dan mengatur aspek-aspek kehidupan umat manusia. Mereka memberkati manusia, melindungi manusia, menghukum manusia, dan mencabut ajal manusia. Dewa-Dewi dalam kepercayaan bangsa Mesir Kuno merupakan penguasa setiap bagian dan unsur alam. Para Dewa yang menentukan nasib setiap orang.

Mesir

Anubis, Dewa Kematian dalam Mitologi Mesir Kuno

  1. Mitologi Mesopotamia
Mitologi Mesopotamia adalah mitologi-mitologi Sumeria, Akkadia, Assyria dan Babylonia dari kawasan di antara Sungai Tigris dan Furat di Iraq. Orang Sumeria beragama politeis dan mempunyai dewa dan dewi seperti dalam mitologi Yunani maupun Romawi. Banyak cerita dalam agama Sumeria seakan sama seperti cerita-cerita dalam agama Timur Tengah lain. Contohnya, cerita mengenai penciptaan manusia dan banjir besar zaman Nabi Nuh menyerupai cerita Sumeria yang telah ditulis berabad lamanya. Dewa dan dewi orang Sumeria mempunyai persamaan dengan dalam agama orang Akkadia, Kanaan dan lain-lain.

Meso.jpg

Shamash, Dewa Matahari dalam Mitologi Mesopotamia

  1. Mitologi Jepang
Mitologi Jepang, hampir seluruhnya berdasarkan cerita yang terdapat dalam Kojiki, Nihonshoki, dan Fudoki dari berbagai provinsi di Jepang.  Di zaman kuno, setiap daerah di Jepang diperkirakan memiliki sejenis kepercayaan dalam berbagai bentuk dan folklor. Bersamaan dengan meluasnya kekuasaan Kekaisaran Yamato, berbagai macam kepercayaan diadaptasi menjadi Kunitsugami atau “dewa yang dipuja” yang bentuknya menjadi hampir seragam, dan semuanya dikumpulkan ke dalam “mitologi Takamanohara”. Sementara itu, wilayah dan penduduk yang sampai pada abad berikutnya tidak dikuasai Kekaisaran Yamato atau pemerintah pusat Jepang yang lain, seperti Suku Ainu dan orang Kepulauan Ryūkyū masing-masing juga memiliki mitologi sendiri.

Jepang

Amaterasu, Dewi Matahari dalam Mitologi Jepang

  1. Mitologi Tiongkok
Mitologi Tiongkok adalah kumpulan sejarah, cerita rakyat, ritual, fabel dan kepercayaan yang diturunkan secara turun-temurun dalam tradisi orang Tiongkok. Mitologi ini kemudian berkembang menjadi Kepercayaan tradisional Tionghoa setelah mendapat pengaruh Taoisme, Agama Buddha dan ajaran Konfusius. Seperti halnya Mitologi Yunani atau Mitologi Nordik yang kaya akan mitos, sebagian orang percaya isi mitologi Tiongkok adalah catatan sejarah yang nyata karena memiliki mitos dan legenda pembentukkan tradisi atau sejarah Tiongkok.

CHINA.jpg


Tujuh Mitologi Dunia Tujuh Mitologi Dunia Reviewed by zona jp on Agustus 25, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh follow777. Diberdayakan oleh Blogger.